BlankOn 7.0 Pattimura

Para pengembang BlankOn merencenakan mengumumkan rilis ketujuh distro bernuansa lokal ini tepat di Hari Kemerdekan Republik Indonesia 17 Agustus 2011. Rilis BlankOn 7 memang sarat dengan rasa nasionalisme, setelah sepakat menggunakan kode nama Pattimura, pahlawan kemerdekaan dari Maluku, jadual rilispun direncakanan bertepatan dengan hari kemerdekaan. Ada perubahan signifikan di rilis terbaru BlankOn nanti. Perubahan sekaligus kejutan untuk pengguna yang belum/tidak sempat mencoba rilis jahitan BlankOn 7. Perubahan paling tampak terutama pada antarmuka lingkungan desktop yang tidak lagi sepenuhnya menggunakan Gnome 2 namun juga tidak beralih ke Gnome 3 atau Unity. Penasaran? Berikut pratilik BlankOn 7 Pattimura.
GRUB dan Animasi Boot
Grub BlankOn 7 Pattimura tampil berbeda dengan kebanyakan distro Linux yang ada saat ini. Kalau diperhatikan GRUB BlankOn 7 lebih mirip BURG (at least IMHO).
GRUB
GRUB BlankOn 7 Pattimura
Tampilan animasi boot sepertinya tidak terlalu banyak mengalami perubahan dibandingkan dengan rilis-rilis sebelumnya.
Boot
Animasi boot
Dekstop Environment
Bagian ini mengalami perubahan paling banyak dan akan menjadi kejutan bagi para pengguna BlankOn dari rilis sebelumnya. Tim pengembang BlankOn telah memutuskan untuk mengembangkan BlankOn Panel ketika Gnome naik tingkat ke versi 3.0 dan Ubuntu beralih ke Unity. Keramahan terhadap perangkat keras yg sudah berumur menjadi salah satu alasan keputusan ini. Seperti kita ketahui bersama Gnome 3 maupun Unity membutuhkan akselerasi kartu grafis untuk dapat berjalan dengan maksimal.
BlankOn Panel tampil di sisi kiri desktop ketika pengguna pertama kali log in ke BlankOn. Di sisi kiri tampak susunan menu dan favorites. Di bagian pojok kanan atas ada widget berupa jam digital, sedangkan di pojok kiri bawah ada applet batere, jaringan, dan volume.
BlankOn Panel
BlankOn Panel
BlankOn Panel ini akan menghilang jika pengguna mengklik di area kosong desktop di samping daftar menu. Sebagai gantinya ikon BlankOn akan muncul di pojok kiri atas. Untuk memunculkan kembali BlankOn Panel pengguna cukup mengklik ikon ini.
BlankOn Desktop
BlankOn Desktop
Menu-menu daftar aplikasi muncul dengan mengklik All Aplications di BlankOn Panel. Menu ini tampil berupa collapsible tree.
BlankOn Menu
BlankOn Menu
Widget jam digital di pojok kana atas tampil selalu berada di atas aplikasi lain, awalnya saya kira akan mengganggu tapi ketika mouse berada di atas jendela jam ini akan memudar.
BlankOn Clock Widget
BlankOn Clock Widget
Daftar aplikasi yang sedang berjalan baik yang sedang aktif maupun minimize ditampilkan dipanel bagian bawah (seperti tampak pada gambar di atas) yang akan muncul ketika pengguna mengarahkan pointer ke sana.
Applet yang terletak di pojok kiri bawah juga tampil apik.
BlankOn Applet
BlankOn Applet
Bagaimana tampilan BlankOn 7 Pattimura? Keren kan? Kalau belum pernah coba BlankOn, ada baiknya segera mencoba sebelum terlambat.
Aplikasi Bawaan
BlankOn 7 Pattimura menggunakan kernel Linux 3.0 yang merupakan rilis kernel terbaru. Walaupun Linux 3.0 masih di tahap rc3 ketika saya mencoba jahitan harian BlankOn 7, sepertinya BlankOn akan membawa Linux 3.0 final release.
BlankOn Kernel
BlankOn Kernel
Daftar aplikasi lain yang disertakan BlankOn 7 Pattimura:
  • LibreOffice 3.3.2
  • Pidgin 2.9.0
  • Chromium Browser 14
  • Brasero 2.32.1
  • Exaile 0.3.2.1
  • PiTiVi 0.13.5
  • Cheese 2.32.0
  • GIMP 2.6.11
  • Inkccape 0.48.1
  • Shotwel 0.10.1
  • GEdit 2.30.4
  • Stardict 3.0.1
Dan masih banyak lagi. Jika ingin mencoba versi rilis kandidat satu pada link ini, dan untuk final lirisnya pada tanggal 17 Agusus 2011.
http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/7.0/kandidat-1/

Sumber :
http://rotyyu.wordpress.com/2011/07/26/preview-blankon-7-pattimura-wow-starts-now/
http://www.blankonlinux.or.id/unduh/

Anda juga dapat mengunduh BlankOn pada cermin-cermin berikut:

Produk Kami Lainnya :

Posting Komentar

 
ibs(idblogsite)
Copyright © 2013. iNDOTOKO Template Allright reserved.